Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan Lengkap dengan Fungsinya

Konten [Tampil]

Ada simbol-simbol kelistrikan yang bermanfaat untuk membuat rangkaian elektronik. Tentu, jika Anda ingin terjun di bidang tersebut perlu mempelajarinya secara detail. Dengan begitu, lebih mudah dalam memahami seperti apa kinerja listrik tersebut hingga dapat berfungsi sesuai kebutuhan penggunaan.


Arti Simbol Kelistrikan

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Sebelum mempelajari simbol-simbolnya, penting bagi Anda untuk memahami dahulu apa artinya agar tidak salah saat memahaminya. Yaitu bentuk maupun tanda yang menjadi penjelasan secara dasar pada kinerja/skema rangkaian elektronika. Sampai saat ini pun penggunaannya masih berlaku di berbagai bidang.

Terlebih, kehadiran berbagai jenis simbol tersebut juga sangat penting dalam dunia listrik. Tidak lain agar seseorang dapat dengan mudah membuat sistem rangkaian kelistrikan secara tepat. Selain itu, kebanyakan simbolnya juga sudah memiliki standar secara internasional sehingga mudah mengenalinya.

Hal ini berarti, adanya simbol di bidang kelistrikan tersebut sudah mendapat pengakuan di berbagai negara skala dunia. Dengan begitu, sifatnya sudah universal tidak hanya berlaku di tanah air saja. Tentunya, sangat memudahkan para teknisi dalam melaksanakan tugas mereka. Seperti maintenance, instalasi, service, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Lolos Tes Buta Warna yang Perlu Anda Persiapkan


Daftar Simbol-simbol Kelistrikan

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Setelah memahami pengertiannya, kini saatnya Anda mengenal berbagai simbol kelistrikan. Selain itu, pastikan mengetahui juga apa saja fungsinya sehingga semakin dalam ilmu untuk mengenal kinerja alat tersebut nantinya. Agar lebih jelas, simak beberapa daftar simbolnya pada ulasan di bawah ini:

1. Kabel

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Simbol di atas menunjukkan sebuah kabel. Yaitu konduktor yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Tidak hanya itu, alat ini juga berguna sebagai sumber energi listrik pada berbagai peralatan elektronik. Seperti kulkas, televisi, kipas angin, dan lain sebagainya sehingga mudah menemukannya di lingkungan sekitar.

Kabel ini sendiri sebenarnya terdiri dari sejumlah wire/kawat terisolator yang kemudian diikat secara bersamaan. Sampai akhirnya terbentuk sebuah jalur transmisi multikonduktor. Kehadirannya juga memiliki beberapa warna khusus serta ukurannya pun cukup beragam tergantung dengan penggunaannya.

2. Kabel Tidak Terhubung

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Merupakan sebuah simbol saat kabel dalam keadaan tidak terhubung. Tentu sangat mudah membedakannya dengan simbol sebelumnya karena pembedanya sangat signifikan. Alat ini sendiri pada dasarnya memang berfungsi sebagai penghubung antar komponen dalam sebuah rangkaian.

Ketika Anda mendapati simbol tersebut, maka artinya kabel yang ada tidak terhubung. Pasalnya, sebuah kabel yang sudah terhubung memiliki simbol berbeda. Oleh sebab itu, jangan sampai salah dalam membedakannya agar lebih paham mengenai rangkaian kelistrikan.

Baca Juga: Sifat-sifat Trigonometri dan Contoh Pemanfaatannya dalam Kehidupan


3. Kabel Terhubung

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Simbol kabel terhubung berarti terdapat sebuah koneksi antara dua konduktor. Adapun yang membedakannya dengan keadaan tidak sedang terhubung yaitu adanya dot atau titik di tengah persimpangannya seperti pada gambar di atas. Hal ini menjadi pembeda paling penting saat memakainya.

Apabila Anda menemukan simbol kabel dengan bentuk seperti ini lalu terdapat titik di bagian tengah tepat di persimpangannya maka dapat diartikan terhubung. Hal ini berarti menjadi sebuah tanda bahwa kabel pada rangkaian terkoneksi sehingga dapat berfungsi dengan baik.

4. Terminal

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Jika mendengar istilahnya secara sekilas, Anda tentu akan berpikir tentang tempat pemberhentian bus. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada sistem kelistrikan. Pasalnya, pada bagian ini memiliki arti cukup berbeda. Oleh sebab itu, usahakan untuk memperhatikan kembali simbolnya.

Apabila Anda melihat simbol tersebut, maka artinya adalah terminal di sistem kelistrikan. Yaitu sebuah tanda yang merupakan titik awal dan titik akhir sebuah rangkaian listrik. Dengan begitu, pengguna memahami lokasinya sebagai awalan maupun akhiran.

Baca Juga: Daftar Sekolah Kedinasan Jogja dengan Banyak Peminat


5. Garis Output Bus

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Sebenarnya masih ada banyak simbol-simbol di bidang kelistrikan lainnya. Tentu sangat penting untuk mempelajarinya sebelum terjun untuk membuat rangkaian listrik itu sendiri. Salah satunya yaitu tanda garis output bus dengan gambar seperti di atas. Jangan sampai Anda salah dalam mengenalinya.

Keberadaan simbol tersebut memiliki fungsi yang sangat penting. Anda dapat memanfaatkannya sebagai tanda bahwa aliran listrik keluar melalui jalur ini. Tidak heran jika memiliki nama output serta bergambar seperti garis sebagai arah kelistrikan/arusnya.

6. Garis Input Bus

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Selain terdapat simbol garis output bus, terdapat pula kebalikannya. Tentu penting untuk Anda membedakan kedua tanda ini agar tidak salah dalam mengartikannya. Terlebih perbedaan tersebut dapat pengguna ketahui dengan cukup mudah sehingga tentu tidak perlu khawatir saat membedakannya.

Pada simbol garis input bus ini sendiri berfungsi sebagai tanda bahwa daerah tersebut berguna untuk mengambil data atau tempat listrik yang masuk. Tentu sesuai dengan namanya sehingga tidak perlu khawatir untuk membedakan dengan simbol sebelumnya.

Baca Juga: Mengenal Gelar D3 Farmasi dan Prospek Kerjanya di Indonesia


7. Bus Line

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Anda tentu tidak asing dengan kata line yang berarti garis. Ternyata, istilah tersebut juga berguna dalam simbol kelistrikan. Apabila sudah mengenalinya tentu sangat mudah untuk mengartikan arti dari tanda tersebut saat mempelajari tentang rangkaian sebuah listrik. Lalu, apa maksud dari tandanya?

Pada simbol satu ini memberikan tanda bahwa terdapat sebuah konduktor yang sudah bergabung kemudian mampu membentuk kabel sehingga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengirimkan atau mentransfer listrik antar komponen-komponennya.

8. Push Button (Normally Closed)

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Masih terdapat banyak simbol-simbol listrik lainnya yang perlu Anda ketahui. Salah satunya dengan nama Push Botton (Normally Closed). Hal ini berarti, pada tanda tersebut terdapat ikon tertutup. Adapun maksudnya saklar yang Anda tekan nantinya akan terputus.

Tentunya, tombol tersebut sangat penting dengan fungsi untuk membantu pengguna dalam memutuskan saklar agar menjad off. Jika melihat tandanya maka akan ada garis yang berdempetan dengan lainnya sehingga terlihat seperti tertutup. Anda tentu mudah mengenalinya.

9. Push Button (Normally Open)

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Jika sebelumnya terdapat tombol tertutup, maka simbol ini berarti terbuka. Sangat penting untuk memperhatikan garisnya agar bisa membedakannya dengan mudah. Pada simbol satu ini, Anda akan melihat ikon dengan celah tertentu sehingga keseluruhannya tidak bersentuhan.

Hal ini berarti tombol tersebut dalam keadaan terbuka. Adapun fungsinya adalah memberi tahu pengguna bahwa saklar yang ditekan akan aktif atau on. Dengan begitu, aliran listrik akan mulai terbentuk saat menekannya. Kemudian, jika tidak maka akan off. 

10. Saklar SPST

Daftar Simbol-simbol Kelistrikan


Terdapat pula simbol lainnya yang mungkin masih belum Anda kenal. Tidak lain yaitu saklar SPST. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah Single Pole Single Throw. Sesuai dengan namanya, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai saklar off ataupun on. Pastikan memakainya sesuai kebutuhan.

Adapun simbol tersebut menjadi tanda bahwa pada saklar jenis ini memiliki kutub sebagai penentu jumlah sirkuitnya. Dengan begitu, pengguna dapat menghubungkannya kemudian mengalirkan listriknya ke posisi lainnya. Tentu masih ada banyak lagi simbol-simbol tersebut sehingga jangan sampai salah membedakannya.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai simbol-simbol kelistrikan. Anda dapat mempelajarinya sekaligus dengan gambar dan fungsinya agar lebih paham. Umumnya hal ini dipelajari ketika ingin membuat skema rangkaian listrik secara efektif serta memahami kinerjanya lebih detail.


Terima kasih telah membaca artikel kami! Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel serupa atau mencari informasi lebih lanjut mengenai topik yang dibahas, jangan ragu untuk melihat sitemap kami.

Jangan lupa untuk membookmark situs kami dan mengikuti akun media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru mengenai konten yang kami publikasikan. Terima kasih kembali atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Daftar Simbol-simbol Kelistrikan Lengkap dengan Fungsinya"