Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat-sifat Trigonometri dan Contoh Pemanfaatannya dalam Kehidupan

Konten [Tampil]

Saat berbicara mengenai sudut dan sisi pada segitiga, Anda tentu akan teringat dengan sifat-sifat trigonometri. Hal ini bahkan sudah menjadi pelajaran dalam sekolah menengah atas sehingga penting untuk mempelajarinya. Terlebih, ada banyak pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.


Apa itu Trigonometri?

Sifat-sifat Trigonometri
Sifat-sifat Trigonometri 

Merupakan salah satu cabang ilmu di bidang matematika yang sudah ada sejak lama. Saat mempelajarinya, maka Anda akan belajar mengenai hubungan antara sisi maupun sudut dalam segitiga. Adapun hubungannya dinyatakan dengan perbandingan sinus, kosinus, serta tangen.

Berdasarkan adanya perbandingan tersebut, seseorang akan lebih mudah dalam menentukan panjang sisi dalam segitiga. Walaupun hanya terdapat salah satu sisi panjangnya dan sudutnya sekalipun. Tidak heran jika rumusnya pun dapat terpakai untuk menghitung sudut segitiga.

Trigonometri sendiri dapat Anda temukan pada segitiga siku-siku. Terdapat sisi berbeda panjang akan tetapi masih dalam satu bangun. Hal ini berarti, setiap segitiga mempunyai besar sudut yang sama. Adapun rumusnya memanfaatkan sin, cos, serta tangen agar bisa menghitungnya.

Baca Juga: Daftar Sekolah Kedinasan Jogja dengan Banyak Peminat


Istilah Dasar Trigonometri

Sifat-sifat Trigonometri


Trigonometri awalnya berasal dari ilmu astronomi akan tetapi saat ini sudah berkembang menjadi ilmu matematika. Apabila Anda sudah memahami tentang pengertiannya, maka penting untuk memperhatikan tentang istilah dasar atau simbol-simbolnya secara umum di bawah ini:

  • sinus / sin
  • cosinus / cos
  • tangen / tan
  • cotangen / cot
  • secan / sec
  • cosecan / cosec

Tentunya istilah dasar tersebut bisa jadi acuan apabila Anda ingin menerapkan rumus-rumus trigonometri. Sampai saat ini pun sudah ada banyak penerapannya di berbagai bidang. Contohnya ketika ingin mengukur ketinggian pohon tanpa perlu memanjatnya, mengatur kemiringan jembatan, dan lainnya.


Fungsi Trigonometri

Sifat-sifat Trigonometri


Merupakan proses perhitungan yang perlu Anda lakukan agar dapat menemukan turunan laju perubahan tentang sebuah variabel. Umumnya, fungsi tersebut memanfaatkan sin x, cos x, serta tan x. Adapun nama lain dari fungsi trigonometri yaitu fungsi sinusoida. Artinya, fungsi yang memakai variabel sudut.

Untuk persamaannya sendiri adalah f(x)=sin x. Terdapat pula persamaan dalam bentuk lainnya yang memakai tan dan cos. Yakni f(x)=sin x2+tan (cos x) -1. Kata Trigonometri sendiri berasal dari bahasa Yunani. Tepatnya trigonon berarti 3 sudut serta metron merupakan proses mengukur.

Trigonometri sendiri berawal dari abad ke-3 Masehi saat astronom mencatat pertama kali tentang hubungan panjang sisi serta segitiga jenis siku-siku. Kemudian terlihat panjang sisi serta salah satu nilai dari sudutnya bisa dicari tahu.

Baca Juga: Mengenal Gelar D3 Farmasi dan Prospek Kerjanya di Indonesia


Sifat-sifat Trigonometri 

Sifat-sifat Trigonometri


Kehadiran trigonometri memang sangat efektif untuk membantu memecahkan masalah. Anda dapat mempelajari sifat-sifatnya secara lebih jelas sehingga pengaplikasiannya pun semakin mudah dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih jelas, di bawah ini merupakan sifat tersebut:

  • Sifat dasar penjumlahan kuadrat sinus kotak & kuadrat cosinus kotak sama dengan satu (sin 2d + cos 2d = 1) dengan kotak (d) bisa bernilai berapa saja.
  • Sifat penjumlahan sudut berarti menjumlahkan sudut kotak & segitiga, dengan jumlah kotak & segitiga. Untuk lambang berapapun dinyatakan dengan huruf i dan d.
  • Sifat kelipatan sudut dengan cara melihat sudutnya berlipat menjadi n kali
  • Sifat penjumlahan pengurangan sin dan cos

Agar lebih jelas, Anda juga bisa memahami sifat trigonometri tersebut berdasarkan pemanfaatannya di lingkungan/kehidupan sekitar. Saat ini sendiri kehadirannya tidak hanya bermanfaat bagi para insinyur. Tetapi juga bidang lain yang memerlukannya.


Contoh Pemanfaatan Sifat Trigonometri dalam Kehidupan

Sifat-sifat Trigonometri


Sampai saat ini sudah ada banyak penerapan sifat trigonometri. Termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat mengukur lebar sungai, ketinggian tebing, dan lainnya. Tentunya, masih ada banyak pemanfaatannya yang membantu manusia dalam melakukan pengukuran. Di bawah ini diantaranya:

1. Bidang Navigasi

Sifat-sifat Trigonometri


Masih belum banyak orang yang menyadari bahwa kenyataan di dunia ini ada banyak sekali penerapan rumus trigonometri. Terlebih ilmuwan dahulu juga sudah memanfaatkan trigonometri memakai tabel di dalam setiap karya mereka. Lalu, seperti apa penerapannya pada bidang navigasi?

Anda mungkin masih belum mengenal tentang trigonometri bola. Pasalnya, pelajaran ini sudah dialihkan ke aljabar linear. Akan tetapi, pengaplikasiannya sudah sampai di bidang astronomi. Seperti pada bumi yang juga bermanfaat pada bidang navigasi. 

2. Bidang Geografi

Sifat-sifat Trigonometri


Tidak jauh berbeda pada bidang navigasi, keberadaan trigonometri juga bermanfaat di dunia geografi. Terlebih, tabelnya sudah ada lebih dari 2.000 tahun lalu untuk memperoleh perhitungan astronomi. Pada saat itu bintang-bintang dianggap sebagai bola kristal berukuran besar.

Kemudian menjadi sebuah model sempurna dalam trigonometri. Sedangkan planet juga termasuk contoh lainnya ketika seseorang ingin mempelajari trigonometri. Hanya saja memerlukan pemahaman posisi seperti pada bola yang dikenal dengan istilah trigonometri bola.

3. Bidang Fisika

Sifat-sifat Trigonometri


Pada awalnya, rumus trigonometri diterapkan pada bola. Akan tetapi, sampat saat ini sudah mengalami perkembangan terbukti pengaplikasiannya juga semakin besar seperti pada pesawat. Beberapa survey bahkan menemukan penggunaannya hingga berabad-abad.

Kemudian, para insinyur juga memanfaatkan kehadiran ilmu tersebut di sepanjang tahun lamanya. Tidak heran jika sampai saat ini masih berperan penting. Termasuk pada bidang teknik optik yang termasuk pada bidang awal fisika dengan pemanfaatan trigonometri.

4. Bidang Ilmu Astronomi

Sifat-sifat Trigonometri


Merupakan salah satu bidang ilmu dengan pemanfaatan trigonometri yang sangat luas. Pasalnya, keberadaan benda-benda langit tentu tidak dapat Anda ukur menggunakan penggaris. Melainkan memanfaatkan skala-skala sampai sudut-sudut sehingga menghasilkan ukuran paling akurat/tepat.

Adapun yang dapat Anda pakai yaitu rumus trigonometri sudut ganda. Dengan nilai ukuran sisi akibat sudut tidak istimewa. Hingga saat ini sendiri pengukuran tersebut memang masih bisa memanfaatkan kalkulator. Akan tetapi, umumnya tidak bisa menangani kasus numeris karena memerlukan tingkat teliti lebih tinggi.

5. Bidang Teknik Sipil

Sifat-sifat Trigonometri


Tahukah Anda, bahwa trigonometri juga memiliki kaitan di bidang pekerjaan teknik sipil. Termasuk seorang surveyor yang bertugas sebagai ahli ukur tanah. Merupakan sebuah bidang ilmu alam agar bisa mengukur posisi ruang dimensi tiga dalam sebuah lokasi tertentu.

Kemudian, setelah mendapatkan hasil pengukuran tersebut, Anda dapat membuat sebuah peta topografi bumi serta mampu mengukur luas daerah. Terlebih, di zaman modern seperti sekarang tentu perlu melakukan pengukuran tersebut agar wilayah dan batas negara tidak terjadi pergeseran.

 Baca Juga: Pengertian Bakat Skolastik dan Tips Mengerjakan Tesnya


6. Bidang Sepakbola

Sifat-sifat Trigonometri


Sifat-sifat yang ada pada trigonometri juga dapat Anda manfaatkan di bidang sepakbola. Terutama ketika ingin mengukur sudut elevasi tendangan. Tujuannya agar lebih mudah memperkirakan secara akurat bola tersebut datang memasuki gawang lawan main dengan cepat.

Tidak heran jika penggunaannya bukan hanya di bidang ahli saja seperti seorang ahli tanah. Akan tetapi juga pada aktivitas lainnya yang jauh lebih umum seperti dunia sepakbola. Tentunya, perhitungan dengan trigonometri tersebut bisa jadi kunci untuk memenangkan pertandingan.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai pengertian, sifat-sifat trigonometri, serta pemanfaatannya di kehidupan nyata. Tentu penggunaan perhitungan rumusnya masih ada sampai saat ini. Tidak heran jika mampu menjadi solusi dalam memecahkan solusi atas pemecahan ukuran seiring berkembangnya zaman.


Terima kasih telah membaca artikel kami! Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel serupa atau mencari informasi lebih lanjut mengenai topik yang dibahas, jangan ragu untuk melihat sitemap kami.

Jangan lupa untuk membookmark situs kami dan mengikuti akun media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru mengenai konten yang kami publikasikan. Terima kasih kembali atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Sifat-sifat Trigonometri dan Contoh Pemanfaatannya dalam Kehidupan"