Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja dengan Banyak Peminat

Konten [Tampil]
Daftar Sekolah Kedinasan Jogja
Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Anda ingin mendaftar sekolah kedinasan Jogja? Tentu hal ini merupakan pilihan tepat. Pasalnya, selain menjadi perguruan tinggi favorit dan banyak peminat para peserta nantinya berkesempatan untuk langsung bekerja di lembaga pemerintahan/kementerian yang menaunginya.


Apa Itu Sekolah Kedinasan?

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja


Pahami terlebih dahulu, bahwa sekolah kedinasan merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada di bawah kementerian/lembaga pemerintahan. Hal ini berarti kehadirannya menjadi penyelenggara pendidikan dengan sifat ikatan dinas.

Indonesia sendiri memiliki banyak lembaga pemerintahan dengan sekolah kedinasan. Mulai dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik,Badan Siber dan Sandi Negara, serta lainnya.

Adapun salah satu daerah dengan sekolah kedinasan cukup banyak yaitu di Jogja. Nantinya, selama memasuki perkuliahan tersebut setiap mahasiswa akan belajar mengenai bidang-bidang tertentu secara spesifik berdasarkan lembaga pemerintahannya sendiri.

Baca Juga: Alasan Mengapa Universitas Istanbul Menjadi Pilihan Utama Studi di Luar Negeri

Mengapa Banyak yang Memilih Sekolah Kedinasan di Jogja?

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

 

Setelah lulus dari SMK maupun SMA, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ada banyak peminat sekolah kedinasan. Khususnya di daerah Jogja. Tentunya, hal tersebut bukan tanpa alasan. Terlebih, kehadirannya sudah memiliki naungan dari beberapa Kementerian RI. Di bawah ini alasannya:

1. Bebas Biaya/Gratis

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Salah satu alasan mengapa banyak peminat sekolah kedinasan termasuk di Jogja adalah bebas biaya/gratis. Akan tetapi, hal ini memang tidak hanya berlaku di daerah ini saja tetapi pada kota-kota lainnya. Tentu, bagi mereka yang berlokasi di sekitar Pulau Jawa, Yogyakarta adalah pilihan tepat.

Terlebih, ada banyak sekolah kedinasan di Yogyakarta yang gratis sehingga akan menghemat biaya pendidikan Anda. Beberapa bahkan sudah memberikan uang pembinaan sehingga cukup menggiurkan. Tentu saja bisa jadi salah satu alternatif jika tidak ingin menambah beban orang tua.

2. Fasilitas Lengkap

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Alasan lainnya mengapa ada banyak orang memilih sekolah kedinasan ini yaitu sudah tersedia fasilitas secara lengkap. Dengan begitu, proses belajar mengajar pun semakin maksimal. Peserta didik nantinya akan memperoleh asrama, ruang perpustakaan, laboratorium, gedung serbaguna, dan lainnya.

Termasuk lapangan di dalam maupun di luar ruangan. Kebanyakan sekolah kedinasan umumnya juga sudah menyediakan poliklinik, Wifi, dan lainnya sehingga ini merupakan daya tarik tersendiri bagi setiap siswa ketika sudah berhasil menyelesaikan sekolah menengah mereka.

Baca Juga: 10 Sifat Baik dan Buruk Psikotes yang Wajib Anda Ketahui


Daftar Sekolah Kedinasan Jogja Favorit

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Sebelum mendaftar ke sebuah universitas, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempertimbangkan sekolah kedinasan. Salah satunya yang ada di Jogjakarta. Tentu peserta perlu menyiapkan tesnya dari awal karena peminatnya sangat banyak. Sampai saat ini pun masih menjadi favorit pelajar. Berikut daftarnya:

1. Sekolah Tinggi Pertahanan Negara (STPN)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan BPN atau Badan Pertahanan Nasional. Kehadirannya bahkan sudah ada sejak tahun 1963 lalu. Pada saat itu masih memiliki nama Akademi Agraria. Sampai saat ini pun menjadi lembaga pendidikan paling favorit di Kota Yogyakarta.

STPN sendiri mempunyai jenjang karir mulai dari Diploma III sampai dengan Diploma IV. Pendidikannya sendiri berfokus dalam bidang pengembangan pembelajaran pertahanan negara. Peserta nantinya bisa memilih dua jenis jurusan. Mulai dari Perpetaan hingga Manajemen Pertahanan.

2. Akademi Angkatan Udara (AAU)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Lembaga pendidikan ini dapat Anda temukan di Jl. Laksda Adi Sucipto KM 10, Yogyakarta. Akademi Angkatan Udara atau AAU sendiri berdiri di bawah naungan TNI Angkatan Udara. Pendirian sekolahnya juga sudah sangat lama yaitu sejak tahun 1965 lalu. Hingga sekarang pun masih banyak peminatnya.

Berdirinya sekolah kedinasan ini sendiri bertugas untuk mencetak calon perwira di bidang Angkatan Udara secara profesional. Pendidikan tersebut bahkan sudah menerapkan sistem Tri Tunggal Terpadu. Tingkat pendidikannya juga cukup banyak sehingga mampu mencetak perwira tangguh di tanah air.

3. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja


Merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang masih satu lingkungan dengan Kementerian Pertanian. Selain itu, lembaga pendidikan ini juga berada di bawah Menteri Pertanian. Untuk pelaksanaannya sendiri diserahkan kepada Kepala Badan PPSDMP.

Yaitu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. Apabila menempuh pendidikan di sekolah ini, maka mahasiswa akan mendapatkan program studi dengan jenjang D4 Penyuluhan Pertanian.

4. Poltekes Kemenkes Yogyakarta

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Anda tentu sudah tidak asing dengan sekolah kedinasan satu ini. Poltekes Kemenkes Yogyakarta atau Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan hadir sejak tahun 2001. Adapun berdirinya lembaga tersebut berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Peserta nantinya bisa mendapat dua jenjang pendidikan.

Mulai dari Diploma III sampai Diploma IV. Anda bisa menemukan lokasi sekolahnya di Jl. Tatabumi Nomor 3 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Poltekes Kemenkes ini nantinya bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia profesional dan ahli pada bidang kesehatan.

5. Sekolah Tinggi Multi Media Jogja (MMTC)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Termasuk salah satu sekolah tinggi kedinasan yang bergerak di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kehadirannya bahkan sudah berdiri sejak lama yaitu sekitar tahun 1985. Adapun pendirinya adalah Departemen Penerangan atas kepemimpinan Presiden Soeharto.

Sekola ini menawarkan jenjang pendidikan cukup menarik. Yaitu mulai dari Diploma IV hingga Strata 1 atau S1. Untuk jurusannya sendiri erat hubungannya dengan aktivitas penyiaran. Mulai dari Manajemen Produksi Berita, Manajemen Produk Siaran, dan lainnya.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Sekolah kedinasan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional dan ahli khususnya di bidang kedirgantaraan.dan teknologi. Sementara fokus pengembagannya adalah bidang penerbangan dengan naungannya di bawah TNI Angkatan Udara. Lembaga tersebut bahkan sudah berdiri sejak tahun 1994.

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari saat bersekolah di STTKD. Mulai dari aircraft, teknologi pesawat tanpa awak, desain pesawat, serta masih banyak lagi lainnya. Untuk lulusannya sendiri memiliki jenjang Sarjana maupun Diploma sehingga bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Baca Juga: Mengenal Gelar D3 Farmasi dan Prospek Kerjanya di Indonesia

7. Politeknik Akademi Teknologi Kulit (Poltek ATK)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Sesuai dengan namanya, sekolah kedinasan ini berfokus pada pendidikan di industri kulit. Adapun kementerian yang ada di bawah naungannya yaitu Kementerian Perindustrian RI. Lembaga ini sendiri bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dan profesional dalam pengolahan bahan kulit.

Terdapat beberapa jurusan utama yang dapat Anda jadikan pilihan. Mulai dari Desain dan Teknologi Kulit serta Teknologi Pengolahan Kulit. Sekolah ini sendiri sudah ada sejak tahun 2014 lalu. Adapun lokasinya berada di daerah Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

Daftar Sekolah Kedinasan Jogja

Merupakan sekolah kedinasan yang dapat Anda temukan di Jogja selanjutnya. Masyarakat lebih mengenalnya dengan nama STTN. Adapun penyelenggaranya yaitu Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) serta sudah ada sejak tahun 2001 lalu. Tujuannya adalah untuk mencetak ahli di bidang nuklir.

Adapun jenjang pendidikan di STTN yang bisa Anda peroleh yaitu Diploma III dan Diploma IV atau setara dengan S1 atau Strata 1. Lokasinya sendiri ada di Jl. Babarsari, Yogyakarta. Sedangkan untuk pilihan jurusannya mulai dari Teknokimia Nuklir hingga Teknofisika Nuklir.

Itu tadi informasi lengkap mengenai sekolah kedinasan Jogja. Tentu bisa jadi pilihan menarik apabila Anda ingin menempuh pendidikan tinggi yang sudah memiliki naungan dari berbagai Kementerian RI. Akan tetapi, penting untuk mempersiapkan diri agar lolos tesnya mengingat peminatnya sangat banyak.

 Baca Juga: Pengertian Bakat Skolastik dan Tips Mengerjakan Tesnya


Terima kasih telah membaca artikel kami! Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel serupa atau mencari informasi lebih lanjut mengenai topik yang dibahas, jangan ragu untuk melihat sitemap kami.

Jangan lupa untuk membookmark situs kami dan mengikuti akun media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru mengenai konten yang kami publikasikan. Terima kasih kembali atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Daftar Sekolah Kedinasan Jogja dengan Banyak Peminat"