Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gelar D3 Farmasi dan Prospek Kerjanya di Indonesia

Konten [Tampil]

Saat ingin masuk ke bangku perkuliahan, Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai program studinya. Salah satu yang paling banyak orang cari saat ini adalah gelar D3 Farmasi. Tentunya, sebagai calon mahasiswa perlu mendalami dahulu jurusan tersebut termasuk tentang prospek kerjanya di tanah air.


Tentang Jurusan Farmasi

Gelar D3 Farmasi


Sebelum mengenal gelarnya, penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu tentang apa itu jurusan farmasi. Yaitu salah satu program studi di dunia perkuliahan yang lebih fokus ke ilmu medis. Adapun materi utama di dalam pendidikan tersebut berupa ilmu pengobatan. 

Tidak heran jika setiap mahasiswa nantinya perlu mempelajari bagaimana proses pembuatan obat dan hal lainnya yang diketahui pula oleh apoteker. Salah satunya seperti interaksi antar senyawa kimia obat. Sampai saat ini pun peminat jurusan tersebut sangat banyak sehingga bisa jadi alternatif pilihan menarik.

Mahasiswa di jurusan farmasi nantinya juga akan memperoleh ilmu pengetahuan mengenai kemampuan numerikal hingga riset yang baik. Terdapat pula teori yang harus mereka praktekkan sehingga kegiatan belajarnya tidak hanya berdasarkan materi saja tetapi termasuk melakukan praktikum di lapangan.


Materi yang Dipelajari oleh Mahasiswa Farmasi

Gelar D3 Farmasi 

Pahami terlebih dahulu, bahwa jurusan farmasi termasuk salah satu program studi dengan tugas mulia. Yaitu membantu mengembangkan serta menemukan obat-obatan yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit manusia. Lantas, apa saja materi pada program studi ini?

Pada dasarnya, jurusan farmasi tersebut tidak hanya membahas mengenai ilmu obat-obatan saja sehingga bisa meraciknya. Akan tetapi mereka juga dapat membuat beragam jenis produk kecantikan untuk merawat tubuh, hingga suplemen sekalipun. Adapun beberapa materi lainnya seperti imunologi virulogi, farmasetika, dan farmakognosi.

Terdapat pula pelajaran mengenai biologi sel dan molekuler, farmasi fisika, praktikum farmasi, komunikasi kesehatan, etika maupun hukum di bidang kesehatan, hingga pelayanan kefarmasian. Tentunya, hal ini juga akan tergantung dimana perguruan tinggi yang Anda pilih sehingga bisa saja berbeda.

Baca Juga: 10 Sifat Baik dan Buruk Psikotes yang Wajib Anda Ketahui


Jumlah SKS Jurusan D3 Farmasi 

Gelar D3 Farmasi

Apabila Anda berniat untuk mengambil jurusan D3 Farmasi, maka penting untuk mengetahui kisaran jumlah SKS-nya. Yaitu Satuan Kredit Semester. Pahami dahulu bahwa setiap perguruan tinggi tentunya mempunyai aturan masing-masing. Semuanya pun sudah menyesuaikan dengan peraturan pemerintah.

Hal ini berarti, walaupun program studinya sama akan tetapi kampusnya beda maka bisa saja jumlah SKS tersebut tidak sama. Contohnya saja ada yang menerapkan 111 SKS tetapi di universitas lain 110 SKS. Adapun aturan minimal beban belajar mahasiswa di jurusan ini adalah 108 SKS. 

Berdasarkan jumlah SKS paling minimal tersebut, pihak perguruan tinggi bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan total SKS-nya. Kemudian akan terbagi menjadi 6 semester sehingga rata-rata per semesternya sebanyak 18 SKS.


Berapa Lama Kuliah D3 Farmasi?

Gelar D3 Farmasi

Setelah memahami tentang SKS di atas, sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya kira-kira D3 Farmasi memerlukan waktu perkuliahan berapa lama. Untuk rata-rata perkuliahannya sendiri sekitar 3 tahun atau 6 semester. Akan tetapi, mahasiswa tetap memperoleh batas maksimal dalam menempuh diploma mereka.

Adapun paling lama dalam menyelesaikan kuliahnya adalah sekitar 5 tahun. Hingga saat ini sendiri jurusan D3 Farmasi termasuk pilihan terbaik apabila Anda ingin lebih cepat mendapat pekerjaan. Pasalnya, lulusan tersebut memang terbentuk sebagai tenaga siap bekerja. 

Hal ini tidak lain karena materi kuliahnya sebesar 60% untuk praktik serta sisanya merupakan teori. Waktu pendidikannya juga jauh lebih singkat jika membandingkannya dengan S1 Farmasi. Tentu bisa jadi pilihan apabila Anda ingin lebih banyak mendapatkan pelajaran tentang praktikum di lapangan.

Baca Juga: Pengertian Pendapat yang Tidak Berdasarkan Kenyataan dan Contohnya


Gelar D3 Farmasi

Gelar D3 Farmasi


Setelah berhasil menyelesaikan studinya, lulusan D3 Farmasi akan memperoleh gelar A.Md.Far. Yaitu gelar pendidikan Ahli Madya Farmasi. Dengan begitu, mereka bisa langsung melamar untuk mendapatkan pekerjaan berdasarkan bidang tersebut atau keinginan sendiri-sendiri.

Beberapa lulusan D3 Farmasi juga masih bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke S1 Farmasi apabila menginginkannya. Akan tetapi, apabila Anda ingin langsung mendapatkan pekerjaan pun tetap bisa. Pasalnya, lulusan ini memang sudah memiliki banyak bekal berupa praktikum.

Tidak heran jika semasa menempuh pendidikannya akan lebih fokus pada keterampilan-keterampilan tertentu sehingga tidak hanya fokus pada teori dan pemikiran ilmiah saja. Tentunya jurusan ini menawarkan banyak pengetahuan sehingga cakupan prospek kerjanya pun luas.


Prospek Kerja D3 Farmasi

Gelar D3 Farmasi


Lulusan D3 Farmasi tentu memiliki prospek kerja yang bagus. Terbukti dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar dari berbagai bidang usaha memerlukannya. Tentu bisa menjadi sebuah bekal bagi Anda apabila ingin langsung terjun dan mendapatkan pengalaman di dunia kerja setelah selesai kuliha.

Adapun hal yang paling umum yaitu menjadi seorang apoteker maupun tenaga medis. Untuk prospek pekerjaan lainnya seperti petugas regulasi, farmasi industri, manajemen farmasi, peneliti, tenaga pengajar, product developer, hingga quality control.

Hanya saja, lulusan tersebut tidak hanya sebatas pada pekerjaan ini. Masih ada banyak D3 Farmasi yang bisa melakukan pekerjaan di beberapa bidang lainnya contohnya seperti bisnis hingga pemasaran. Merka juga dapat membuka usaha sendiri dengan bekal banyak pengetahuan dan keahlian dari bangku perkuliahan.

Baca Juga: Pengertian Penilaian Tengah Semester dan Tips Menghadapi Ujiannya


Kelebihan Memilih Jurusan D3 Farmasi

Gelar D3 Farmasi

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika memilih jurusan D3 Farmasi. Tentunya hal ini menjadi alasan mengapa sampai sekarang masih ada banyak orang memutuskan untuk berkuliah di bidang tersebut. Oleh sebab itu, simak ulasannya di bawah ini:

1. Peluang Kerja Farmasi Luas


Kelebihan pertama yaitu peluang kerja farmasi termasuk luas/banyak. Terbukti dengan adanya banyak instansi yang memerlukan tenaganya. Baik itu di pemerintahan hingga perusahaan-perusahaan swasta. Mereka juga memiliki kemampuan untuk bekerja di rumah sakit hingga puskesmas.

Hingga saat ini pun sudah ada banyak lulusan farmasi bekerja di apotek. Selain itu, mereka juga dapat mendaftarkan diri menjadi ASN/PNS. Tentunya, mereka berkesempatan untuk mendapatkan berbagai fasilitas jika berhasil lolos di bidang tersebut.

2. Dapat Meracik Obat



Pada dasarnya, jurusan farmasi cukup erat hubungannya dengan obat-obatan. Pasalnya, mereka akan mempelajari bidang tersebut termasuk jenis-jenis dan cara meraciknya sesuai standar. Terlebih, proses belajarnya juga lebih banyak praktek daripada teori.

Tentu menjadi sebuah bekal keahlian tersendiri bagi lulusan farmasi. Mereka dapat memahami berbagai jenis obat dan kegunaannya. Lulusannya juga mampu meracik obat sebagai alternatif jika terdapat orang memerlukan bantuan di bidang ilmu tersebut.

3. Dapat Melanjutkan Pendidikan Menjadi Apoteker


Sebagai lulusan D3 Farmasi, Anda juga masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya. Yaitu sebagai seorang apoteker dengan mengambil gelar Apt. Dengan begitu, dapat memanfaatkannya sebagai lisensi khusus apabila ingin bekerja di bidang apotik.

Baik itu pada rumah sakit negeri hingga swasta yang ada di tanah air. Hal ini berarti Anda tidak hanya bisa menjadi seorang asisten apoteker saja. Mereka juga dapat membuka apotek pribadi apabila ingin menekuni bidang usaha tanpa terikat dengan pekerjaan di instansi tertentu.

Itu tadi informasi mengenai gelar D3 Farmasi sekaligus prospek kerjanya. Apabila Anda berminat untuk mengambil program studi tersebut tentunya perlu mempersiapkan diri dari awal. Pastikan mengetahui kampus mana saja yang menerima jurusan ini kemudian pastikan juga akreditasinya bagus.

 


Terima kasih telah membaca artikel kami! Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel serupa atau mencari informasi lebih lanjut mengenai topik yang dibahas, jangan ragu untuk melihat sitemap kami.

Jangan lupa untuk membookmark situs kami dan mengikuti akun media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru mengenai konten yang kami publikasikan. Terima kasih kembali atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Mengenal Gelar D3 Farmasi dan Prospek Kerjanya di Indonesia"