Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penilaian Tengah Semester dan Tips Menghadapi Ujiannya

Konten [Tampil]
Setiap siswa tentu sudah tidak asing dengan penilaian tengah semester. Aktivitas ini dilakukan apabila murid sudah melaksanakan aktivitas belajar di sekolah minimal 85% atas jumlah kegiatan pembelajaran yang telah mereka laksanakan. Agar lebih jelas, pelajari dahulu pengertiannya lebih jauh.

Pengertian Penilaian Tengah Semester

Penilaian Tengah Semester
Penilaian Tengah Semester

Merupakan penilaian kinerja belajar murid dalam jangka waktu setengah semester saja. Umumnya, aktivitas tersebut dilakukan di pekan ke-9 atau ke-8 per semesternya. Adapun ujiannya tidak lain tentang kompetensi dasar sehingga penting bagi para siswa untuk menyiapkannya.

Proses penilaiannya sendiri sama dengan ujian/ulangan tengah semester. Pengambilan nilai ini sendiri kerap disebut dengan istilah PTS. Tentu saja memiliki fungsi penting bagi siswa agar bisa melihat nilai belajar mereka dalam jangka waktu tersebut.

Penilaian ini juga memiliki tujuan secara khusus yaitu sebagai salah satu alat untuk mengendalikan kualitas pendidikan dan membantu mengevaluasi belajar siswa sehingga pendidik mengetahui capaian mereka. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga berguna dalam meningkatkan mutu belajar anak-anak.

Fungsi Adanya PTS

penilaian tengah semester
penilaian tengah semester

Kehadiran PTS tentunya memiliki banyak fungsi. Terlebih, sekarang ini UN atau Ujian Nasional secara resmi sudah ditiadakan oleh Kemendikbud. Adapun beberapa fungsi penilaian hasil belajar ini adalah agar pendidik dapat mengukur sejauh manakah capaian belajar siswa di tengah semester ganjil.

Selain itu, aktivitas penilaian di tengah semester ini juga membantu pendidik untuk mengecek atas setiap materi yang sudah guru berikan kepada murid apakah sudah mampu memahaminya dengan baik atau tidak. Adapun fungsi lainnya yaitu sebagai tanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan tersebut.

Tidak hanya itu, proses penilaian tersebut juga tentunya berfungsi dalam mendorong semangat belajar siswa agar lebih giat lagi. Dengan begitu, cukup efektif pula dalam membangun motivasi mereka agar materi-materi sebelumnya sudah benar-benar dipahami.

Seperti Apa Bentuk Soal PTS?

Penilaian Tengah Semester
Penilaian Tengah Semester

Anda mungkin masih belum memahami tentang seperti apa bentuk soal PTS. Ujian ini sendiri umumnya akan pendidik buat dalam bentuk pilihan ganda maupun uraian. Adapun proses pembuatannya perlu mengacu pada berbagai ketentuan yang sudah ada sesuai tujuan pembelajarannya.

Umumnya, penilaian hasil belajar tersebut termasuk seperti pengetahuan, keterampilan, hingga kompetensi sikap yang seimbang agar bisa mengevaluasi tingkat kemampuan belajar para siswa apakah sudah memahami pelajaran sebelumnya. Tidak heran jika penting bagi murid menyiapkannya.

Kemudian, untuk waktu pelaksanaan ujian tengah semester ini sendiri umumnya dapat pendidik tentukan sendiri. Khususnya bagi para guru mata pelajaran masing-masing yang mengajar di sekolah. Tidak heran jika bisa saja pelaksanaannya sedikit lebih cepat atau lebih lambat antar sekolahnya.

Pada proses pelaksanaan ujiannya pun pendidik perlu mempertimbangkan juga berapakah jumlah soal yang diujikan kepada murid. Mereka juga perlu menentukan seperti apa tingkat kesukaran soalnya. Hingga akhirnya bisa menjadi bahan evaluasi dalam mengukur pencapaian kompetensi dari para siswa nantinya.

Apakah PTS Termasuk Penentu Naik Kelas?

Penilaian Tengah Semester
Penilaian Tengah Semester

Pahami bahwa sebenarnya adanya PTS bukan menjadi penentu utama bagi murid agar dapat melanjutkan atau tidak ke kelas selanjutnya. Akan tetapi, penilaian ini masih termasuk sebagai faktor penilaian awal sesaat sebelum murid melakukan PAS atau Penilaian Akhir Semester.

Begitu juga sebelum melaksanakan PAT atau Penilaian Akhir Tahun sehingga PTS. Dengan begitu, apabila PTS sudah terlaksana berdasarkan kompetensi tinggi tentunya setiap murid akan lebih terbiasa dalam melaksanakan ujian-ujian serupa. Tidak heran jika cocok sebagai aktivitas untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kemudian setiap hasil evaluasi penilaian di tengah-tengah semester ini nantinya akan pendidik serahkan kepada wali murid. Tujuannya adalah sebagai bukti objektif dan valid atas terlaksananya proses pembelajaran di sekolah. Hal tersebut juga menjadi penyebab mengapa PTS perlu berjalan sebaik mungkin.

Tips Menghadapi Penilaian/Ujian Tengah Semester

Penilaian Tengah Semester


Setiap siswa di sekolah tentu akan melalui proses penilaian yang dilakukan di tengah semester. Tidak heran jika sangat penting bagi mereka untuk memiliki persiapan matang. Agar nanti hasilnya bagus sesuai harapan. Oleh sebab itu, simak terlebih dahulu beberapa tips untuk menghadapinya.

1. Membuat Jadwal Belajar Khusus

Penilaian Tengah Semester

Tips pertama yang bisa siswa terapkan untuk menghadapi penilaian ini adalah dengan membuat jadwal belajar khusus secara efektif. Dengan begitu, waktu mereka dalam mempelajari materi-materi sebelumnya dapat tertata sebaik mungkin tanpa khawatir terganggu jika ada kegiatan lainnya.

Seperti bermain, mengerjakan PR, kerja kelompok, dan lain sebagainya. Untuk itu, setiap siswa perlu menghadapi ujian ini dengan membuat jadwal khusus. Seperti dengan menerapkan waktu 50 menit belajar serta 15 menit kemudian untuk beristirahat. Kemudian lakukan ini secara berkala agar maksimal.

2. Belajar secara Rutin

Penilaian Tengah Semester


Persiapan pertama untuk menghadapi PTS adalah dengan belajar secara rutin. Hal ini berarti, para pelajar perlu lebih giat lagi dalam mempelajari materi-materi sebelumnya agar bisa melewati penilaian dengan lebih optimal. Adapun salah satu caranya adalah dengan mengikuti les tambahan.

Tujuannya tidak lain adalah agar pelajar dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih lancar. Selain itu, mereka juga lebih mudah dalam memahami apa saja konsep materi yang sudah dipelajari sebelumnya secara detail. Oleh sebab itu, siswa perlu meningkatkan jam belajar mereka.

3. Minimalisir Waktu Bermain

Penilaian Tengah Semester

Setiap pelajar tentunya ingin mendapatkan hasil penilaian yang maksimal ketika menghadapi PTS. Oleh sebab itu, salah satu tipsnya adalah dengan meminimalisir jam bermain. Jika sebelumnya terlalu sering maka perlu mengurangi dahulu agar lebih fokus waktunya untuk belajar materi di sekolah.

Terlebih, anak-anak zaman sekarang sangat gemar bermain game online hingga larut malam. Aktivitas tersebut ada baiknya tidak dilakukan atau dikurangi sehingga waktu belajar tidak tersita. Kemudian fokus untuk mempelajari materi-materi yang sudah guru ajarkan sehingga menjalani PTS bukan sebuah beban lagi.

4. Sering Latihan Soal

Penilaian Tengah Semester

Tips lainnya yang tidak boleh murid lewatkan adalah dengan sering berlatih soal. Tentu tidak boleh menyepelekan aktivitas satu ini karena akan berdampak langsung kepada tingkat belajar mereka. Ketika siswa sering latihan pastinya mereka akan terbiasa dalam menjawab soal-soal termasuk PTS.

Dengan begitu, siswa juga akan memperoleh banyak variasi maupun referensi soal saat mengerjakan penilaiannya. Mereka bisa belajar lebih efektif sehingga semakin membantu dalam meningkatkan proses belajar termasuk memahami materi-materi yang sudah pendidik ajarkan di sekolah.

5. Selalu Menjaga Kesehatan

Penilaian Tengah Semester

Terakhir, setiap siswa juga perlu menjaga kesehatan mereka. Terlebih, ketika terlalu semangat untuk belajar maupun berlatih soal jangan sampai hal ini berakibat pada kesehatan yang menurun. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak terlalu berlebihan dalam melakukan kegiatannya.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, siswa perlu membuat jadwal sebaik mungkin agar waktu belajarnya lebih meningkat secara teratur. Kemudian mereka juga harus menentukan jam istirahat yang seimbang agar tubuh tidak mudah sakit sehingga proses pelaksanaan PTS pun tidak akan terhalang.
Itu tadi informasi lengkap mengenai penilaian tengah semester. Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian, fungsi, serta beberapa tips untuk menghadapi ujian tersebut. Tentu langkah ini bisa jadi motivasi tersendiri bagi para siswa agar mereka semakin meningkatkan belajarnya.

Terima kasih telah membaca artikel kami! Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel serupa atau mencari informasi lebih lanjut mengenai topik yang dibahas, jangan ragu untuk melihat sitemap kami.

Jangan lupa untuk membookmark situs kami dan mengikuti akun media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru mengenai konten yang kami publikasikan. Terima kasih kembali atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!





Posting Komentar untuk "Pengertian Penilaian Tengah Semester dan Tips Menghadapi Ujiannya"